[SHARE] BLueprint Cara Membangun Blog Indo 2 Bulan UV 2K/ day

05.49
Assalamualaikum​

Intro​

Ane kenal dengan dunia blogging awal tahun 2011 waktu itu masih duduk di bangku SMK dan disuruh membuat blog dengan 2 artikel mata pelajaran multimedia (copas karena belum tau etika blog :D). Dapet nilai paling bagus dan diancungi jempol oleh guru dalam membuat blog pertama kali yang belum tahu apa2. Dari sana ane mulai menyukai dan mendalami apa sih itu blogging, gak ada kepikiran bisa menghasilkan duit waktu itu karena hanya sebatas hobby meskipun gak suka nulis. Langkah ini sampai ane kuliah semester 3.

Disini awal ane vacum, berhenti stuck gak pegang-pegang lagi laptop. Karena 1 kesibukan ane kuliah dan aktivitas diluar kampus. Ane jadi atlet PORDA, yang sangat menyedihkan dan frustasi kenapa ane berhenti ngeblog dan aktifitas online yaitu Laptop ane ada yang nyiduck di kosan waktu pulang kampung, semua data blog, email ane disana dan akhirnya putus harapan dan gak punya laptop selama 1 tahun lebih. :nyerah:

Akhir tahun 2016 ane belajar dan mendirikan beberapa usaha offline dengan mengumpulkan beberapa investor, dan kebetulan salah satu investor ane pemain adsense dan CPA. Lama kelamaan semakin dekat dan mulai deh tergiur lagi belajar blog tepatnya awal bulan 2017 sama seperti ane nemu forum ads.id ini :D

Selama 6 bulan ane fokus belajar blog karena usaha offline sebelumnya alhamdulillah gulung tikar :D. Mulai baca-baca tentang cara build blog yang baik dan benar, tentang apa itu seo bagaimana cara mendapatkan traffic, tentang backlink dan sebagainya di forum ini.

Akhirnya bisa juga mendapatkan traffic 2K per day dalam kurun waktu 2 bulan.
Terima kasih ini semua berkat Allah SWT dan temen-temen ads.id

Disini sebagai newbie senangnya minta ampuunn :lol:

Jadi ini cetak biru (Blueprint) ane sebagai newbie dalam build blog domain fresh dalam kurun waktu 2 bulan

Maaf kalau pendahuluannya kebanyakan dan sangat membosankan, soalnya ane suka curcor :D

Blueprint build blog dalam 2 bulan


Seperti mastah-mastah lainnya yang sharing disini, mungkin thread ini tidak ada spesialnya. Point nya mulai dari memilih niche blog, riset keyword, setup wordpress, sampai post artikel minimal 30 post, ON-page dan terakhir SEO OFF-page.

Karena ane bukan tipe journalist jadi ane selalu buat blog dengan niche jangka panjang membidik keyword long terms

1. Choosing a niche blog


Dalam memilih niche blog ane lebih suka ke konten yang isinya practical, tutorial dan pastinya niche yang berhubungan dengan tekno. Sesuai passion ane, dan tidak terlalu susah dalam mengimplementasikan ke tulisannya. Berbeda dengan niche kesehatan, berita, bisnis, dll. Ane kalau yang ini suka hire/ beli dari beberapa CW di ads.id.

Kelebihan niche practical seperti ini, visitor bisa lama-lama lihat konten kita mengurangi bounce rate. Dan juga referensi untuk menulis sangat banyak bisa cari tutorial dari video youtube dan kita implementasikan ke tulisan. Lebih bagus lagi jika kita yang nulis sesuai keahlian kita.

2. Research keywords


Nah point kedua ini tidak kalah pentingnya, faktor utama selain topik blog yaitu riset kata kunci. Karena disinilah sumber traffic akan berdatangan.

Karena ane tidak memiliki tool-tool premium, jadi mengandalkan tool gratisan dan insting saja. Perkiraan yang akan dicari orang dalam niche tersebut. Ada 3 point untuk riset kata kunci ane:

    Intip blog kalian (Ya mungkin ada salah satu blog agan-agan disini yang pernah ane intip :p)
    Untuk mengintip blog competitor ane cari yang memiliki postingan artikel sedikit tapi sudah memiliki alexa dibawah 1 JT. Pastinya keyword itu ada beberapa page one dan juga pasti tipe ini sudah ribuan visitor meskipun artikel sedikit. (Maaf yang sudah pernah keintip tanpa minta izin) :D
    - Yang ane dahuluin untuk dibikin artikel, cari widget populer post nya itu sudah pasti yang paling trend saat ini. Lebih bagus lagi intip blognya pakai tool ahref.
    Menggunakan tool gratisan seperti GKP, keyword revealer.
    Setelah keyword terkumpul, short list kembali dengan pencarian di google. Cari yang memiliki index dibawah 500RB. Soalnya karena ini blog baru menurut ane hanya bisa bersaing dengan index google dibawah 500RB.
    Diatas itu ane abaikan dulu.

Nah setelah ane punya 2 alat tempur diatas dan dilihat dari keyword nya yang kira-kira bisa dikejar di page 1. Saatnya eksekusi

3. Setup WordPress


Untuk pemilihan domain bebas aja menurut ane semua sama, mau KOD, EMD, KRD, KDRT :D sama ajalah. Ane lebih suka yang brandable domain dengan ada istilah yang berhubungan dengan niche. Misalnya niche tutorial photoshop jadi photoxxx.com

Ane disini awal beli domain tanggal 12 agustus

Installed plugins:

    Yoast
    XML sitemap google (XML di yoast di disable)
    Udinra all image sitemap
    WP google search (optional kalau kata kunci banyak iklan di serp)
    Advanced random post widget (untuk menambah page view, lebih baik daripada populer post menurut ane karena bisa random gak stuck yang populer saja)
    Litespeed cache (untuk yang menggunakan server litespeed)
    WordPress related post

Theme WordPress yang ane gunakan yang simple aja dari mythemeshop dan nyeo (custom), usahakan struktur SEO nya yang bagus. Memiliki breadcrumb, dynamic heading, dll.

4. The power of content (ON-page)


Setelah semuanya siap, tahap ini yang akan menentukan kualitas blog kita. Usahakan konten seunik dan seoriginal mungkin.

    160 kharakter awal paragraf mengandung keyword dan ini bisa dijadikan mete description di yoast
    Title artikel tidak melebih 40 kharakter
    kata kunci di URL artikel
    Bold, italic, underline di setiap kata yang penting (optional)
    Gunakan keyword turunan di heading 2, keyword turunan ane biasa gunakan LSI di google
    keyword density (tidak lebih 1.5% untuk 500 kata)
    Konten minimal 500 kata
    Gunakan internal link ke homepage, ke artikel relavan lebih dari 2 jika ada, dan akhir postingan internal linking ke tag.
    Image 1-2 tiap artikel tambahkan ALT dengan kata kunci/ title artikel. Deskripsi optional

Setelah semuanya selesai langsung ke tahap posting artikel. Posting artikel ane sistem pyramid menyesuaikan kejenuhan. Kadang kita kan semangat diawal build blog dan stuck diakhir malas banget, jangan sampe kaya gitu. Nah ini yang ane terapkan biar gak nemu titik jenuh. Awal banyak semakin hari sedikit dan ada libur segala :D
Seperti dibawah ini

    Hari ke 1
    posting 5 artikel
    Hari ke 2
    posting 4 artikel
    Hari ke 3
    posting 3 artikel
    Hari ke 4
    posting 2 artikel
    Hari ke 5
    posting 1 artikel
    Hari ke 6
    Daftarkan ke webmaster google, yahoo, bing berikut dengan sitemap.xml dan sitemap-image.xml >> fetch as homepage
    Hari ke 7
    OFF
    Hari ke 8
    posting artikel 1/ day sampai hari ke 22. Dan terakhir hari 23 sampai 30 OFF

Total postingan 30 artikel.
Saatnya link building

5. The power of link building (SEO OFF-page)


Untuk tahap link building ini ane lakukan di hari ke 14 atau setidaknya sudah memiliki index 20 artikel, bukan total indexnya. Setiap post di share ke social media facebook dan google+

Ane hanya siram backlink ke homepage untuk awal build blog. Backlink yang ane pakai
https://ads.id/forums/index.php?threads/270481/

Link aktif ke homepage brand domain dan naked URL

Hari 30 sampai 45 tahap pendiaman, dan selanjutnya siram backlink contextual dari medium, purevolume, wn.com, ac.id dan blog lainnya dengan DA minimal 10 alexa 5 JT



Share this :

Previous
Next Post »