Berkreasi dengan singkong

14.06



Singkong tidak selalu menjadi hidangan kelas dua. Dengan resep-2 dibawah ini, singkong dapat menjelma menjadi “Steak Kura-kura “ yang lezat dan memikat, juga dapat tampil mewah berupa “ cup pastei “. Siapapun tidak ada yang menyangka hidangan ini terbuat dari bahan singkong yang dapat dengan mudah dibeli di pasar tradisional.

Bistik Fantasi
(Bentuk Kura-kura)

Keperluan:
Bistik:
-250 gr daging cincang
-100 gr bawang bombai
-2 sdm tepung terigu
-2 sdm kecap manis
-1 sdm kecap inggris
-1 sdm saus tomat
-1 kaldu blok rasa sapi
-Gula,garam,merica,pala,secukup nya
-1 butir telur ayam

Pembungkus daging
-400 gr pure singkong (singkong rebus yang sudah dilumatkan di tambah 1 butir telur ayam,1 sdm mentega, dan 2sdm tepung susu).

Saus:
-3 sdm saus tomat
-1 bawang bombai
-1 sdm mentega
-1 sdm kecap inggris
-1 sdm tepung kanji
-1 kaldu blok rasa sapi

Membuat:
Bistik:
Panaskan mentega,tumis bawang bombai yang sudah di iris persegi kecilsampai layu, masukkan daging cincang,aduk-aduk sampai rata,lalu masukkan bumbu-bumbu. Jika daging sudah tidak berair,bubuhi tepung terigu,aduk-aduk sampai kental,baru masukkan telur yang sudah di kocok lepas. Ratakan,lalu angkat.

Saus:
Bawang bombai setelah di iris di tumis sampai layu, bubuhi kira-kira segelas air, masukkan bahan lain nya, didihkan,lalu masukkan tepung kanji yang sudah dilarutkan dengan sedikit air. Didihkan pula, lalu angkat.

Membuat bentuk kura-kura:
Sediakan loyang, alasi dengan kertas aluminium,pulas mentega. Daging yang sudah di siapkan di taruh di tengah loyang. Buat bentuk menyerupai badan kura-kura,lalu bungkus dengan adonan pure singkong. Sela-selanya di isi dengan buncis yang sudah di potong kecil, kepala dibuat dari terung, kaki dan ekornya dari wortel. Pulas seluruhnya dengan kuning telur yang sudah di bubuhi sedikit kecap. Panggang sampai kuning kecoklatan. Hiasi menurut selera.


Cup Pastei



Keperluan:
250 gr pure singkong ditambah 1 butir telur ayam, 1 sdm tepung susu, dan 1 sdm mentega.

Ragout ayam:
-1 dada ayam rebus, potong persegi kecil
-25 gr terigu
-25 gr mentega
-250 cc susu atau susu di campur kaldu ayam
-1 wortel diiris persegi kecil
2 bawang merah,iris-iris
-gula,garam,merica,pala

Cara membuat:
Sediakan cup kecil-kecil, pulas minyak, lalu plester dengan pure singkong isi dengan ragout ayam, tutup dengan pure singkong. Pulas kuning telur, lalu pinggirnya gurat-gurat dengan garpu, panggang sampai kuning kecoklatan, atasnya hias dengan mustard dan saus tomat.



Adonan Pure Singkong

Bahan:
-500 gr singkong rebus
-3 butir telur ayam
-2 sdm mentega
-1 kaldu blok,sedikit garam

Cara membuat:
Singkong di buang seratnya,lalu giling sampai halus,adoni dengan bahan-bahan tersebut, uleni sampai rata.

Ragout:
Irisan bawang ditumis dengan mentega sampai layu, masukkan terigu, aduk-aduk beberapa saat,lalu tuang susu,sambil adonan diaduk-2 sampairata, masukkan irisan ayam, wortel, serta bumbu-2, aduk-2 sampai mendidih pula, lalu angkat

Share this :

Previous
Next Post »