Dibalik kesegaran Cincau

07.49



Meski bentuknya tak menarik, minuman yang satu ini rasanya sangat segar untuk dijadikan pelepas dahaga. Apalagi harganya cukup murah dan mudah didapatkan membuat cincau jadi favorit hampir setiap orang. Namun tahukah Anda bahwa cincau menyimpan khasiat bagi tubuh?

Saat ini kita mengenal dua jenis cincau di pasaran yaitu cincau hitam dan cincau hijau. Konon awalnya tanaman cincau berasal dari Asia, kemudian menyebar ke India, Birma, Indocina, Philipina, hingga akhirnya sampai ke Indonesia. Meskipun sama-sama cincau, namun keduanya berbeda dalam hal warna, rasa, tekstur, bahan baku, dan cara pembuatan.




Cincau hijau terbuat dari daun cincau yaitu Cylea Barbata Myers. Dimana daun yang digunakan untuk membuat cincau hijau ini haruslah yang tipis dan lemas sehingga lebih mudah diremas untuk dijadikan gelatine. Sedangkan cincau hitam berasal dari tumbuhan Mesona Palustris atau Janggelan. Daun dan batang tumbuhan tersebut menghasilkan gelatin hijau kehitaman yang membuat cincau menjadi berwarna hitam.

Minuman cincau paling banyak digemari saat cuaca panas karena rasanya yang adem dan segar. Misalnya saja cincau hitam selalu menjadi bagian tak terpisahkan dari es campur atau es buah. Begitu pula dengan cincau hijau ketika disajikan dengan air gula atau sirop dan serutan es, hmm... dijamin sudah menjadi minuman yang cukup menggiurkan.

Meskipun memang minim dalam soal nutrisi, tetapi mengingat dalam proses pembuatannya ditambahkan mineral dan pati, cincau hitam mengandung sejumlah mineral dan karbohidrat yang cukup lumayan. Cincau juga baik dikonsumsi bagi orang yang sedang menjalani diet karena rendah kalori dan mengandung serat. Cincau juga dipercaya bisa meredakan panas dalam, sembelit, perut kembung, demam dan diare.

Kini populernya cincau membuat munculnya isu seputar cincau bedak di pasaran. Yang dimaksud dengan cincau bedak adalah pembuatan cincau yang memakai air mentah dan bahan-bahan kimia pembuat bedak. Oleh karena itu buat para penggemar cincau harus waspada dan pintar-pintar memilih.

Ciri khas cincau hitam yang asli alami adalah teksturnya lebih kenyal dibanding cincau bedak yang bertekstur padat. Cincau asli tidak akan berair jika didiamkan hingga esok hari begitu juga sebaliknya. Sedangkan cincau hijau asli adalah cincau yang masih memiliki bau daun dan bentuknya lembek dan jika didiamkan lama maka akan menjadi cairan kembali. Nah, selamat berbuka dengan es cincau!


Share this :

Previous
Next Post »