berikut ini adalah artikel yang saya ambil dari www.mailarchive.com
1) Compressor itu ngambil udara luar bertekanan biasa lalu dicampurin
dgn cairan Freon (jenis R122/R121 dsb) dgn bantuan pressure
valve/pressure pump.
Dlm proses campursari ini...timbul panas...karena pencampuran dilakukan
dgn tekanan tinggi....Hasil proses campursari gas ditekan masuk
Condenser/sor dgn cepat.
2) Akibat Tekanan cepat itu dan panas yg dibawanya...begitu masuk ke
rute Condenser (yg serupa dgn radiator mobil itu - yg terlihat kayak
sisir dijejer** gitu)....gas campursari tadi...merasakan beda tekanan
luarbiasa....dari yg padat & panas langsung masuk ke jalur yg longgar /
tekanan biasa-rendah..walhasil gas campuran dgn freon tadi segera
bereaksi mencari kesetimbangan energinya dgn segera melepas panas
dirinya ke udara luar/sekitar utk mendinginkan diri. Ini menyebabkan
terjadinya sublimasi (menyublim - gas >>cairan) Bagian condenser serupa
sisir itu..utk membantu gas panas tadi menjadi cepat dingin.
Karena bentuknya yg kayak sisir itu..maka dipastikan materinya
tipis...o.s.i hati** dgn bagian sisir** ini jangan sampe terkoyak /
sobek yg berakibat kebocoran. Karena ujungnya adalah pemborosan energi
listrik, biaya listrik, pengisian freon yg cepat habis.
3) Sublimasi udara+freon ini (dlm bentuk cairan dingin ) dari condenser
melanjutkan jalan**nya ke wilayah evaporator-blower melalui pipa
tembaga/seng yg kecil & sempit....wilayah evaporator-blower bertekanan
lebih rendah lagi..dimana disini ada lagi bagian yg berbentuk jejeran
sisir** lagi.... Disini unit evaporator-blower menyedot udara luar yg
panas lalu menyemprotkannya ke cairan sublim yg dingin tadi shg
bereaksi merubah diri menjadi gas yg bertemperatur DINGIN & bertekanan
lebih rendah dari udara normal. Gas ini lah yg ditiup keluar oleh
evaporator-blower sbg "udara AC / KULKAS" yg dingin yg kita tau.
Besar kecilnya sedotan & semprotan dibagian evaporator-blower ini yg
bisa kita atur melalui saklar THERMOSTAT manual atau yg digital via
remoteitu...
Unit thermostat ini yg akan menjaga stabilitas pilihan suhu yg kita
mau.
Karena itu unit evaporator selalu berada didlm ruangan yg akan
didinginkan. (baik itu AC ataupun KULKAS)
Kecuali selang sedotan evaporator yg menjulur kearah berlawanan sampe ke
sekitar Compressor.
*********
(Utk chiller air, kayaknya hanya beda dimana sebagian pipa unit
condensernya dicelupkan ke air & sebagian outlet evaporatornya juga
dilewatkan ke air utk mendinginkannya...)
*********
Bagian yg rawan dari evaporator adalah;
- Sisir** evaporator ....mestinya tidak akan rusak jika rutin
dibersihkan dgn hati** & tidak mampet oleh kotoran / .
(kalo mampet dgn kotoran...mesin evaporator yg spt pompa sedot-udara
udara -kayak aerator canggih gitu...lebih bert kerjanya & bisa cepat
aus/rusak)
- Inlet-Outlet evaporator-blower harus dijaga supaya tidak tersumbat
kotoran / blok es / tertutup / kecelup air.
- Saklar thermostatnya.
Begitu seterusnya....sampe pegel deh...siklusnya.
Demikian & semoga semua bisa lebih pinter dari sekarang....dan nanti
Biar gak gampang dikibuli tukang AC /Kulkas nanti kalo ketemu problem di
rumah masing**.
Karena part yg rawan rusak dlm sistem Chiller/AC/Kulkas itu hanya ;
1) Compressor (bagian pressure valve/pump).
2) Pipa Connector Siklus freon & sambungan** ato tekukan**nya.
3) Sisir** Condenser & Sisir** Evaporator.
4) Inlet - Outlet Evaporator-blower jika tertutup/tersumbat.
2 Komentar
misi numpang ngopi ya..
Balasmo nanya, kenapa ada yang bilang : memasukkan makanan panas ke dalam kulkas dapat meningkatkan rekening listrik. Apakah itu benar? Apakah hubungannya bisa dijelaskan secara ilmiah?
Balas